TIPS hemat di Makkah dan Madinah

Tips Hemat di Makkah dan Madinah

Mungkin dari anda dalam waktu dekat ini akan melakukan perjalanan ibdah Umroh, nah di sini saya ingin berbagi beberapa tips hemat agar pengeluaran bisa terkendali selama berada di Makkah dan Madinah. 

Perjalanan Umroh adalah perjalanan ibadah yang sangat sakral dan penuh perjuangan karena ibadah umroh melibatkan banyak faktor seperti fisik, mental, dan juga materi. Makanya ibadah umroh dan haji yang dilakukan dengan baik sesuai tuntunan syariat Islam dan mendapat predikat mabrur maka balasannya adalah Surga. 

Sebagai pusat Ibadah Umat Islam, Kota Makkah dan Madinah semakin hari semakin berbenah menyambut kedatangan tamu Alloh. Fasilitas fasilitas semakin diperbanyak dan diperbaiki begitu juga pusat pusat perbelanjaan tak kalah pesatnya. Hampir di setiap sudut kota kita akan menjumpai pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai kebutuhan dan oleh oleh yang bisa dibawa ke tanah air.

Kembali lagi ke soal hemat menghemat, perlu anda ketahui bahwa harga di kota Makkah dan Madinah sangat bervariasi. Namun secara umum harga di Kota Madinah lebih murah dibandingkan dengan harga barang barang di Makkah.

Berikut ini beberapa tips agar bisa belanja oleh oleh di Makkah dan Madinah dengan harga yang hemat.
tips hemat makkah dan madinah


Bila anda bepergian  pada musim Ramadhan akhir, maka anda harus lebih bersabar. Karena musim Umroh pada Ramadhan sangat padat sehingga harga akan semakin tinggi.

Tips belanja makanan.
1. Untuk berbuka biasanya menggunakan nasi dan lauk disarankan berbelanja sebelum ke masjid dan menyiapkan kantung untuk di bawa ke area Masjidil Haram.

2. Porsi makanan di Arab lebih banyak jadi bisa berdua atau bertiga satu porsi jadi ajaklah teman anda untuk berbagi makanan.

3. Berbelanjalah di toko yang dekat dengan hotel anda jangan mencari yang terlalu jauh karena harga relatif sama disemua toko. Jangan membuat diri anda cape hanya mencari harga yang lebih murah.

4. Untuk oleh oleh bersabarlah sampai hari hari menjeang kepulangan, apabila anda pulang setelah Idul fitri maka belanjalan 2 hari sebelumnya jangan persis setelah sholat Ied karena semua orang berbelanja pada waktu itu sehingga harga akan semakin mahal.

5. Perhatikan oleh oleh anda jangan membeli yang tidak terlalu penting atau masih bisa di beli di Indonesia. seperti kurma, karena bagasi anda terbatas awas anda akan dikenakan biaya tambahan oleh maskapai, normalnya 30kg per jamaah.
bagasi pesawat umroh

Demikianlah beberapa tips belanja di Makkah dan Madinah semoga bisa menjadi referensi pada perjalanan anda. Semoga Umroh anda mendapat Umroh yang Mabrur..